Doa Ketika Tidak Sengaja Percaya Tahayul

MediaMuslim.InfoKetika seseorang kejatuhan cicak, atau mendengar burung gagak, seringkali menganggap bahwa itu pertanda akan ada bencana, atau akan ada yang meninggal. Atau ada orang yang mengurungkan niatnya (membatalkan rencananya) karena merasa melihat atau mengalami pertanda buruk.

Kepercayaan tersebut disebut dengan “thiyarah”, dilarang oleh Islam, Rasululloh shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda, yang artinya: “Siapa yang mengurungkan hajatnya (kepentingannya) karena thiyarah, maka dia telah berbuat syirik”. Para shahabat bertanya: ”Lalu apakah sebagai tebusannya?”. Beliau menjawab:”Supaya dia mengucapkan: “Allaahumma laa khaira….”[baca doa di bawah].(HR: Imam Ahmad)

Sebagai kaum mukmin seharusnya optimis, selalu berbaik sangka bahwa tidak akan terjadi bencana meskipun melihat pertanda buruk. (Jika memang tidak ditaqdirkan ada bencana). Karena kematian adalah masalah ghaib, hanya Alloh saja yang tahu kapan seseorang meninggal dunia. Tidak ada hubungan antara kematian dengan suara burung ataupun kejatuhan cicak. Jika kita percaya bahwa kejatuhan cicak atau mendengar burung gagak sebagai pertanda kematian, maka kita telah berbuat SYIRIK. Kita harus bertaubat. Jika tidak bertaubat, maka dosa kita tak akan diampuni.

Bagaimana cara bertaubat?
Bacalah do’a di bawah ini ketika kita tidak sengaja (spontan) percaya dengan pertanda buruk, mendengar suara burung, kejatuhan cicak, atau melihat sesuatu yang dipercaya masyarakat sebagai pertanda buruk:

اللهم لا طير إ لا طيرك , و لا خير إلا خيرك , و لا إله غيرك

“Ya Alloh, Tidak ada keburukan, kecuali telah Engkau tetapkan. Dan tidak ada kebaikan, kecuali telah Engkau tetapkan. Dan tidak ada Tuhan selainMu (yang berhak disembah).” (HR: Imam Ahmad II/220. dishahihkan oleh Al Abani dalam Ahadits Ash Shahihah III/54, no 1065.)

Jangan lupa bacalah do’a di atas dengan yakin, dan selalu baik sangka (optimis). Wallahu a’lam bish shawab

About these ads

12 Responses so far »

  1. 1

    terima kasih said,

    terima kasih diatas info ni..

  2. 2

    daisy said,

    terimakasih ya habib , karena saya 10 menit yang lalu baru saja kejatuhan cicak di pundak kiri saya..insyaallah pertanda baik ya habib..

  3. 3

    SahabaTaufiq said,

    Alhamdulillah, dapet ilmu satu lg, dan ini penting bged, kr dosa yg gak bakal di ampunin Alloh adalah syirik n musrik. Thanxs Bro….

  4. 4

    westnu said,

    Semoga mitos itu ga terbukti. . .
    Dan semoga Allah mengabulkan doaku. Amin

  5. 5

    deasy said,

    Td malam pas mau keluar pintu sy kejatuhan cicak di pundak kanan…mudahan mjd pertanda baik…walaupun hati deg2an bgt……krn anak sy lg sakit,suami sy lg banyak masalah…ya alllah semoga engkau kabulkan doaku,amiiin

  6. 6

    rika said,

    terimakasih ya jd tenang nich soalnya saya td malem kejatuhan tp ngga tau apa. tp apapun itu mudah”an bukan apa”…hnya kebetulan….

  7. 7

    Alhamdulillah jadi tenang setelah baca artikel ini, mudah2an smua berjalan dengan lancar dan baik2 saja… Aamiin ya ALLAH

  8. 8

    fajee said,

    amiin ya allah

  9. 9

    mega said,

    makasih infonya,
    barusan saya kejatuhan cicak di kepala saya,
    insya Allah tidak terjadi hal buruk
    amiin ya Allah

  10. 10

    Alhamdulillah dpet ilmu,,
    barusan kjatuhan cicak soalnya

  11. 11

    lia said,

    makasih mind info’ya…

  12. 12

    Ermaa said,

    thanxs bgd buat inf0nya.brusan sy kjatuhan cicak tepat dkpla sy.tdnya smpet tkt n was2.tp stlah bca doa ini hti jd tenang.sem0ga all is well..


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: