Berlindung kepada Siapa?

MediaMuslim.InfoAneh!!! Masyarakat modern ternyata masih hobi dengan klenik. Ini terjadi di negeri agresor terbesar Amerika. Sudah sangat masyhur kalau pengawalan pejabat negara di Amerika sangat kuat dan terorganisir, lebih-lebih di lingkungan kepresidenan, tidak hanya mengandalkan CIA dan FBI yang kondang heroik, bahkan masih punya pasukan khusus, yang berani “mati” demi presiden.

Ternyata tak sebatas itu saja, konon presiden dan first lady Amerika punya pengawal khusus dari bangsa dukun. Yang dukun-dukun tadi tidak perlu lagi diragukan kehebatannya. Berkaliber nasional- bahkan internasional.Indonesia tak kalah dengan Amerika dalam hal ini. Bahkan semenjak jaman mataram dulu, lingkungan keraton tak lepas dari sepak terjang para dukun keraton. Tak cukup dengan dukun, jin sekalipun dijadikan pengawal untuk mengamankan jabatan.Tak asing di telinga, kisah nyai Roro Kidul yang jadi pendamping raja-raja mataram.

Kisah pun terus berlanjut sampai sekarang. Orang yang mempunyai beking dari bangsa jin maupun dukun, masih sangat banyak, dari yang kelas elit maupun yang cuma kelas kampung.

Kasus cari beking dan perlindungan kepada jin maupun dukun inilah yang disebut dalam syariat kita dengan istiadzah. Istiadzah sendiri punya makna meminta perlindungan dari suatu bahaya yang mengancam. Dulunya di kalangan bangsa arab apabila ada yang melintas dan numpang di sebuah lembah maka mereka meminta perlindungan ‘biar tidak diganggu’ kepada jin yang menguasai tempat tersebut. Jin yang diam di situ, sebenarnya punya rasa takut juga kepada manusia. Namun karena manusianya ketakutan dan minta perlindungan kepadanya, maka ia pun jadi sombong dan berani. Kebiasaan ini terus terjadi pada bangsa arab sampai kedatangan Islam. Kebiasaan yang jelek ini dilarang oleh agama Islam, bahkan dikategorikan dalam perbuatan syirik. Sebuah dosa yang tiada berampun, bila tak sempat taubat sebelum akhir hayat.

Dalam Al-Qur’an Alloh Subhanahu wa Ta’ala berfirman, yang artinya: “Dan bahwasannya ada beberapa orang laki-laki diantara manusia meminta perlindungan kepada beberapa laki-laki di antara jin, maka jin-jin itu menambah bagi mereka dosa dan kesalahan” (QS: Al Jin: 6)

Ayat ini bisa memberikan petunjuk bahwa sebenarnya meminta perlindungan kepada selain Allah termasuk Jin dilarang dalam syariat Islam. Sama saja permintaan perlindungan itu, untuk menjaga dari gangguan, mengamankan bangunan atau jabatan. Islam mengajarkan untuk hanya berlindung kepada Alloh Subhanahu wa Ta’ala semata tidak kepada yang lain. Karena memang Alloh yang Maha Perkasa, hanya Dia yang berhak dimintai perlindungan. Berlindung dari segala hal yang membahayakan diri, harta maupun jiwa. Rasul pun memberikan contoh bagaimana cara ketika berada di sebuah tempat yang terkenal angker atau banyak setannya. Dengan membaca do’a yang artinya: “Aku berlindung kepada kalimat Alloh yang sempurna dari bahaya makhluq.” (HR: Muslim).

Disamping itu sikap besandar kepada Alloh Subhanahu wa Ta’ala harus selalu hadir dalam diri setiap muslim. Dengan sikap semacam, maka tiada lagi rasa ketakutan kepada segala sesuatu selain hanya kepada Alloh Subhanahu wa Ta’ala. Maka tidaklah perlu lagi takut diganggu oleh jin atau manusia. Tidak perlu juga takut kehilangan jabatan yang disandang.

Bila setiap muslim hanya berlindung kepada Alloh Subhanahu wa Ta’ala dalam setiap masalahnya, maka sudah pasti segala praktik perdukunan akan berhenti. Karena tidak ada yang meramaikan transaksi yang bermuatan dosa tadi. Tak akan laku koran dan majalah perdukunan yang lagi ramai. Termasuk juga akan bangkrut mereka yang terbiasa melakukan transaksi jual beli jin. Semoga Alloh Subhanahu wa Ta’ala menghindarkan kaum muslimin dari bahaya kesyirikan ini. Amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: