KMP Lampung Terbakar di Merak

Menyinggung berapa persen kondisi kapal yang terbakar, Endin menyatakan sekitar 40 persen dan pemadam kebakaran terus melakukan pemadaman api.

Informasi yang terhimpun, asap tebal terus membubung tinggi, sedangkan sejumlah penumpang panik.

Sementara dari Bakauheni Lampung, Manajer Operasional PT ASDP Bakauheni mengatakan ada penundaan jadwal pelayaran akibat insiden tersebut.

“Otomatis ada penundaan pelayaran, namun berapa waktunya akan kita lihat nanti,” katanya.

Kebakaran kapal KMP Lampung yang terjadi Kamis pukul 09:30 WIB telah menyebabkan 55 unit kendaraan baik roda dua maupun empat habis terbakar, sementara 144 penumpang kapal belum diketahui nasibnya.

KMP Lampung berangkat dari Pelabuhan Bakauheni Bandar Lampung dengan tujuan Pelabuhan Merak, Banten.

Sampai berita ini diturunkan, tiga kapal tunda yang dikerahkan yaitu Kapal Tapelia II, Kapal Gunung Cipola dan Kapal Gunung Santri sedang berusaha mematikan api, namun api belum dapat juga dipadamkan.

Direktur Polair Merak Muhammad Yasin menyebutkan 55 unit kendaraan yang terbakar adalah enam unit sepeda motor, 11 unit roda empat pribadi, dua unit pick up, 10 unit Colt Diesel, 17 unit truk Fuso dan sembilan unit truk tronton.

Muhammad Yasin mengatakan kebakaran KMP Lampung di belakang kantor Polsek Pulo Merak itu sampai saat ini belum diketahui penyebabnya.

Sementara itu, Kabid Laik Kelautan Kapal Kantor Adpel Banten Adang Rodiana mengatakan penyebab terbakarnya KMP Lampung tersebut hingga kini belum diketahui pasti, namun ada penumpang yang melihat asap keluar dari kamar mesin.

Seperti yang diutarakan Sofyan (42), sopir truk, ia melihat asap yang mengepul keluar dari kamar mesin yang tertutup pintunya.

Untuk mengevakuasi para penumpang, sampai saat ini pihak ASDP sedang berusaha mengambil penumpang yang kebanyakan terjun ke laut setelah melihat api semakin membesar.

1 Response so far »


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: