Mula Umar, Pimpinan Thaliban Mengaku Bertahun-Tahun Putus Komunikasi dengan Bin Laden”

Keberadaan Usamah bin Ladin hingga kini masih terus diendus. Tapi Mula Umar, pimpinan Thaliban di Afghanistan sebagai orang yang paling dekat dengan bin Laden, mengaku tak mengetahui keberadaan pimpinan Al-Qaidah Usamah bin Ladin.

Ia mengatakan sudah bertahun-tahun tidak bertemu dan berkomunikasi dengan tokoh yang dituding AS sebagai otak di balik serangan WTC pada September 2001. Dalam surat menyurat via email dengan pihak Reuters, Mula Umar menyebut telah putus hubungan komunikasi dengan Bin Laden sejak akhir tahun 2001 saat pasukan AS dan sekutunya menggempur Tora Bora di Afghanistan.

Dalam surat elektronik, Mula Umar mengatakan, “Tidak. Saya tidak pernah lagi bertemu dengannya. Dan saya sendiri tidak ingin berupaya untuk menemuinya. Saya hanya berdo’a utuk kesehatan dan keselamatannya.” Surat jawaban dari Mula Umar, disampaikan oleh jubirnya Muhammad Hanif, yang mengirimkan email jawaban pada sore hari Rabu (3/1).

Seperti diberitakan di banyak media, terdapat enam kaset rekaman yang mengatasnamakan suara Usamah bin Ladin, dalam enam bulan pertama tahun 2006. Sedangkan dalam bentuk rekaman gambar, Bin Ladin muncul pada kaset rekaman di akhir tahun 2004. Selanjutnya sejumlah kaset rekaman suara dan pernyataan wakil Al-Qaidah, Aiman Az Zawahiri ikut muncul, menanggapi banyak peristiwa di dunia.

Sebuah kaset video tentang Usamah bin Ladin pada tahun 2005, saat peringatan lima tahun serangan WTC yang pernah muncul, setelah diteliti merupakan cuplikan rekaman beberapa tahun sebelumnya. Rekaman itu sendiri tidak memunculkan kalimat apapun dari Bin Ladin.

Ada banyak dugaan tentang tempat keberadaan bin Ladin saat ini dan kondisi kesehatannya. Beberapa bulan lalu, persisnya di bulan Agustus, sebuah harian lokal Prancis menyebutkan Bin Ladin telah wafat akibat penyakit yang dideritanya. Tapi kemudian, pemerintah Prancis dan berbagai agen intelejen dunia menafikan kebenaran informasi tersebut karena tidak ada bukti konkrit yang menunjukkan bin Ladin telah meninggal.

Bin Ladin, tokoh asal Saudi Arabia, adalah seorang kaya raya dan banyak membantu pendanaan jihad di Afghanistan pada pertengahan tahun 90-an. Beredar isu bahwa Bin Laden menikahi salah satu puteri dari Mula Umar untuk memperkuat hubungannya dengan Mula Umar. Tapi Mula Umar sendiri sampai kini masih misterius keberadaannya. Orang-orang menduga ia berada di perbatasan Pakistan dan Afghanistan, tepatnya di Kwaita atau sekitarnya. Tapi pihak Pakistan, justru menganggap Mula Umar kini berada di Afghanistan. Saling tuduh itu, kemudian memunculkan ketegangan sendiri antara pemerintah Pakistan dan Afghanistan. (na-str/albwb)

1 Response so far »

  1. 1

    Ahmed Dzhokhar Al-Kahfi said,

    Ussamah bin laden is a leader of all moeslim in the world……………………


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: