Janji bantuan donor untuk Libanon

Siniora and Chirac
Libanon berusaha membangun kembali pasca gempuran Israel

Donor asing menjanjikan bantuan dan pinjaman senilai 7,6 miliar dolar untuk Libanon yang tengah mencoba membangun kembali pasca konflik.

Lebanon mengalami kesulitan melakukan rekonstrusi menyusul konflik antara Hizbullah dan Israel tahun lalu.

Perdana Menteri Libanon Fouad Siniora mengatakan, tanpa bantuan dari luar, negaranya mungkin menghadapi masa depan yang tidak menentu.

Ulutan tangan ini diajukan dalam bentuk bantuan dan pinjaman dari negara-negara donor, termasuk Amerika, Perancis, Uni Eropa dan Arab Saudi.

Libanon berharap menggalang 9 miliar dolar.

Saat konferensi donor dibuka di Paris, Siniora berterimakasih kepada peserta dari sekitar 40 negara yang ikut serta atas dukungan mereka.

‘Dukungan bulat’

Menjelang pembukaan forum, President Perancis Jacques Chirac meminta dukungan internasional. Libanon ‘lebih dari yang sudah-sudah memerlukan dukungan bulat masyarakat internasional,” kata Chirac.

Libanon ‘lebih dari yang sudah-sudah memerlukan dukungan bulat masyarakat internasional

 

Jacques Chirac

Perancis menawarkan bantuan dana sebesar 650 juta dolar dengan suku bunga konsesi, sedangkan Uni Eropa menjanjikan 520 juta dolar dalam bentuk bantuan dan pinjaman.

Menlu Amerika Condoleezza Rice mengukuhkan janji paket bantuan baru senilai 770 juta dolar, yang masih harus mendapat persetujuan Kongres.

Rice mangatakan, janji ini akan menjadikan jumlah bantuan Amerika kepada Libanon sejak pertenganan tahun lalu lebih dari 1 miliar dolar.

Sedangkan, Arab Saudi menjanjikan tambahan bantuan 1,1 miliar dolar. Sebanyak 1 miliar dolar untuk dana pembangunan sedangkan hibah 100 juta dolar lagi untuk pemerintah.

Sedangkan, Bank Dunia dan Bank Investasi Eropa mengumumkan bantuan lebih dari 2 miliar dolar.

Penting

Para ekonom di Beirut mengatakan konferensi Paris ini sangat penting, karena digelar pada saat pasar keuangan di kota ini khawatir.

Sebanyak 40 negara menghadiri konferensi donor Lebanon
Sebanyak 40 negara menghadiri konferensi donor Lebanon

Dalam jangka menengah dan panjang, bantuan dan pinjaman lunak dibutuhkan untuk meringankan situasi keuangan serta mendorong perputaran ekonomi, meningkatkan kepercayaan, membangkitkan penanaman modal dan mengurangi hutang negara sebesar 40 miliar dollar.

Libanon juga akan mendapat dana dari negara-negara Arab namun tidak diketahui apakah jumlah dana yang terkumpul nantinya akan dapat memenuhi sasaran delapan atau sembilan milyar dollar, apalagi setelah terjadi kekerasan pada aksi pemogokan umum oleh oposisi, yang mengecam pertemuan di Paris.

Namun para pakar ekonomi di negara ini mengatakan bantuan apapun, baik itu pinjaman lunak maupun hibah, yang lebih dari tiga atau empat miliar, akan membantu Libanon.

Jika dana yang terkumpul kurang dari itu, negara-negara donor yang bertemu di Paris akan dianggap gagal menunjukkan kepercayaan mereka terhadap Libanon.

1 Response so far »

  1. 1

    isahabil said,

    assalamualaikum wr. wb.

    mohon kiranya, ada yang memberikan informasi dimana saya mendapatkan dana hibah untuk mendanai proyek yang sedang saya kembangkan ini.

    proyek ini adalah pembangunan software perangkat lunak yang berorientasikan pada kemaslahatan umat. saat ini saya sedang membuat program aplikasi perhitungan pembagian harta waris menurut syariat islam yang mungkin sebentar lagi akan punah, sebagaimana sabda nabi sendiri. mungkin terdengar remeh, tapi kenyataannya tidak demikian saya harus menggandeng beberapa ahli semacam ahli fiqih, tafsir dan sebagainya. proyek ini sudah berjalan hampir 2 tahun, dan saya butuh dana. mohon saudaraku seiman, kiranya memiliki dana ‘lebih’ untuk bersama-sama membangun salah satu tonggak syari’ah ini….

    wassalamualaikum wr wb


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: