Uni Eropa Desak Rusia Hentikan Kejahatan terhadap Warga Chechnya

Utusan HAM Uni Eropa Thomas Hammarberg meminta agar Rusia menghentikan kejahatannya yang dilakukan secara sistematis terhadap bangsa Chechnya.

“Cara-cara interogasi illegal dan penyiksaan kerap digunakan secara berulang di Chechnya, ” tegas Hammarberg dalam konferensi pers, Kamis (1/3) di ibukota Chechnya, Grozny seperti dikutip Kantor Berita Rusia Interfax.

Lebih lanjut utusan HAM Eropa itu menambahkan bahwa penyiksaan itu sampai saat ini masih berlangsung, dan sejumlah tahanan di penjara-penjara Chechnya juga mengalami penyiksaan itu.

Adapun pelaku penyiksaan sistematis itu menurut Hammarberg adalah rezim Rusia, yang dengan segala cara memperlakukan warga Chechnya yang ditahan secara tidak manusiawi.

“Otoritas Rusia menggunakan berbagai cara penyiksaan untuk mendapatkan pengakuan dari para tertuduh di Chechnya, seperti sengatan listrik, pemukulan, paksaan meletakkan posisi tubuh yang menyulitkan, untuk memperoleh pengakuan-pengakuan yang diinginkan, ” ujar utusan dari Eropa itu.

Sebelumnya sejumlah organisasi HAM Rusia dan asing menolak hadir dalam konferensi pers yang digelar utusan Eropa. Pasalnya dalam konferensi itu hadir pula orang Chechnya yang pro Rusia Ramzan Kadyrov. Kadyrov dituduh sebagaoi orang yang bertanggung jawab atas rangkaian kejahatan penculikan, penyiksaan dan perampasan warga sipil Chechnya.(ilyas/im)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: