Aduhai, Dasyatnya….. Cinta!!!!

MediaMuslim.Info – “Cinta”, layaknya makanan pokok, istilah yang satu ini tidak pernah pudar sepanjang jaman. Selalu hadir dimanapun dan kemanapun kita berpaling. Betapa Dasyatnya Fitnah Cinta…. sehingga orang yang sedang dilanda cinta lazimnya akan terfokus untuk mendapatkan yang dicintainya. Akibatnya, tidak sedikit yang menjadi lalai dari mencintai Alloh serta Rasul-Nya.

Alloh Subhanahu wa Ta’ala berfirman, yang artinya: “Patutkah kamu mengambil dia (iblis) dan turunan-turunannya sebagai wali selain daripada-Ku , sedang mereka adalah musuhmu? Amat buruklah iblis itu sebagai pengganti (Alloh) bagi orang-orang yang zalim.” (QS: Al-Kahfi: 50).

Sesunguhnya seseorang yang bercita-cita tinggi tidak akan terpengaruh oleh cinta yang bisa menghalangi ketenangan, membuat tidur tidak bisa nyenyak, membuat bingung akal pikiran, dan bahkan bisa membuat gila. Betapa sering terjadi seseorang yang sedang dimabuk cinta menghabiskan harta dan mengorbankan jiwa serta kehornatannya demi yang dicintainya. Bahkan ia rela mengorbankan agama dan dunianya.

Cinta sanggup membuat tuan menjadi pelayan, dan penguasa menjadi budak. Anda lihat, banyak orang yang sudah terlanjur masuk dalam jerat cinta ingin keluar darinya. Akan tetapi, hal itu mustahil. Betapa banyak fitnah cinta yang menjebloskan orang-orang yang bersangkutan ke dalam Neraka Jahim, menjerumuskan mereka pada siksa yang sangat pedih, dan membuat nereka meneguk air nereka yang panas mendidih. Wallohu A’lam

(Sumber Rujukan: ‘Uluwwul Himmah, oleh Muhammad Ismail Al-Muqoddam; dan Lihat juga; Raudhat Al-Muhibbin wa Nuzhatul musytaqin, oleh Ibnul Qoyyim, hal 182-190; disarikan oleh Gani)

14 Responses so far »

  1. 1

    Adhitya said,

    Sepertinya perihal cinta yang anda sampaikan begitu buruknya sehingga akan mendapt siksa neraka!!! terlalu picik sekali ketika anda menggambar kan cinta sedemikian… cinta adalah anugrah, bahkan sang Maha Pencinta menciptakan alam semesta ini karena Cinta, cinta adlah sebuah keindahan yang memang di Ciptakan Sang Pencinta untuk Manusia jadi Cinta adalah hal fitrah manusia yang dengan nya tidak dapat kita salahkan dgn mengatasnamakan cinta,,, CINTA BUKAN LOGIKA NAMUN CINTA TANPA LOGIKA ITU BUTA. Open your mine and feel the Wonderfull Love

  2. 2

    stroberikuning said,

    Assalamu’alaykum…

    cinta itu Allah,

    jd selama cinta itu karena Allah…

    bwt mencari ridha Allah,

    tidak mengkhianati cinta yang diberikan Allah…

    artinya, cinta itu indah jika kita mencintai sesuatu karena kita mencintai penciptanya…

    selama cinta TIDAK ekuivalen dg NAFSU,

    mnrtku…………………………………

    indah.

    wASSALAMU’ALAYKUM

  3. 3

    tan sailan said,

    kesan saya, anda cintanya ditolak akhirnya membenci cinta…kalau cin\ta itu buruk, Allah tidak akan menganugrahkan itu buat hambanya….tanpa cinta dunia gak akan berjalan….sepertinya anda kebanyakan disiram materi yang gak bener di liqo……

  4. 4

    serbapenting said,

    wah wah mas tan sailan terlalu cepat menvonis
    menurut saya ini artikel bagus bagi kita yang mencari pencerahan

  5. 5

    nadiyyah said,

    ibid

  6. 6

    sakti said,

    assalamualaikum
    ana setuju dengan pendapat antum. hanya saja mungkin lain kali lebih diperhatikan kalimat2nya. jadi mungkin sebagian besar pembaca salah tangkap dalam memahaminya. na’am sekali memang, cinta dunia itu penuh dengan fitnah apalagi kalau sudah terjerumus. apalagi sbgian bsr pmda skrg ini yang tlah dibutakan hatinya dngn cinta. ‘ssngghnya dunia tlah tekutuk dgn sgl sesuatu didalamnya kecuali islam, amal soleh dan yang mnyertainya. keep sholawat. jaga iman . jaga lisan. jazzakumullah khairan

  7. 7

    Qultu mah,.. said,

    asalam..
    kalo ngebahas cinta emang seru ci, tapi ga ada abis2nya kalo kita salah nempatin. Berkaitan dengan yang antum tulis diatas, kalo qt bilang sih, bagus tapi terlalu ekstrim dalam menyikapi cinta. Coba deh antum balajar mencintai seseorang karena kesholihannya, trus antum rasain bedanya nikmat cinta yang dipasrahkan hany kepada Allah…Wish U Luck.Smoga ktemu cinta sejatimu

  8. 8

    Seno said,

    cinta itu memang kadang menyakitkan tp kadang menyenangkan, tergantung masing masing pribadi.

  9. 9

    immfaiuad said,

    wah, seperti nya terlalu cepat untuk memvonis seperti itu mas,
    pertama kita harus membatasi, cinta seperti apa dulu yang mas maksud…

  10. 10

    achoey said,

    Cinta kepada lawan jenis yang tidak didasarkan pada cinta kepada Allah merupakan cinta yang melemahkan. Tapi cinta kepada Allah merupakan cinta yang menguatkan.

  11. 11

    berland said,

    ciNta..
    sEkaLipuN jauH,daN waLaUpuN tErHaLaN9 LauTaN yaNG Luas membentaNG..
    tidak akaN jadi peNGhaLaNG,aTas Nama ciNta>,<pasTi akaN digapai jua,-

    “sEgiTu bEsarkaH kEkuataN ciNta?
    tapi sEmUa yaNG tErLewaTi,kadaNG tidak sEjaLaN dEngaN apa yaNG diHarapkaN..”,meNGapa dEmikiaN?
    karEna LebiH bEsar kEkuaTaN tuHaN(aLLaH SWT)yaNG tiada taNdiNGaNnya..
    INGAT ITU,KAWAN!!

  12. 12

    nisrina said,

    assalaamu’alaikum
    aku lahir karena cinta
    aku tumbuh karena cinta
    aku besar karena cinta
    aku belajar karena cinta
    aku menangis karena cinta
    aku tertawa karena cinta
    aku berjuang karena cinta
    aku berkorban karena cinta
    aku mati karena cinta
    dan semoga dengan cinta itu aku dipertemukan dengan Tuhanku yang memberiku cinta

  13. 13

    A2n said,

    Assalamualaikum…
    Memang dalam menyikapi masalah cinta kita tidak bisa langsung memvonis kalau cinta itu adalah suatu hal yang buruk, suatu hal yang menyesatkan.. tapi kita harus mengengok bagaimana dulu dasar orang yang melalui cinta tersebut. selama cinta itu tidak menduakan cinta kita pada maha yang memiliki cinta maka hal itu bukan suatu masalah….tapi masalahnya pada zaman sekarang kebanyakan orang telah menyelewengkan makna cinta itu sehingga makna cinta mengalami penyempitan pada hal-hal yang negativ saja…………….

  14. 14

    muharrikdaie said,

    Cinta ini boleh di bincang lagi … tak lah seburuk yang disangka kalau kita memahami fikhnya ..


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: