Perjuangan Jamaah Tabligh di Inggris Lawan Kampanye Anti Pembangunan Masjid

Jamaah Tabligh, komunitas Muslim di Inggris sedang bekerja keras meredam berbagai tudingan dan publisitas yang merugikan atas rencana mereka membangun masjid agung di Newham, London Timur tak jauh dari lokasi komplek penyelenggaraan Olimpiade yang akan digelar di Inggris tahun 2012.Jamaat Tabligh menilai ketakutan publik dan informasi-informasi menyesatkan yang dipublikasikan di media-media massa tentang rencana pembangunan masjid itu, sama sekali tidak beralasan.

Sejumlah media massa di Inggris antara lain memberitakan bahwa pembangunan masjid tersebut belum mendapatkan izin. Namun pihak Jamaat Tabligh menyatakan akan menyerahkan pengajuan izin pembangunan paling cepat bulan September mendatang.

Untuk membantu meredam kampanye dan publisitas buruk terhadap rencana pembangunan masjid itu, Jamaah Tabligh bahkan sampai menyewa jasa Indigo perusahan jasa humas terkemuka di Inggris. Perusahaan ini membuat situs khusus dan membuat pernyataan yang dipublikasikan lewat situs You Tube dalam upaya meredam antipati publik terhadap rencana pembangunan masjid itu.

Salah satu media massa yang melakukan kampanye anti pembangunan masjid itu melalui email adalah tabloid Evening Standard. Sementara itu kelompok kiri British National Party dalam menggelar polling lewat internet dan mengatakan bahwa rencana pembangunan masjid itu, sejauh ini merupakan “simbol terbesar kolonisasi Islam di Inggris. ”

Penasehat Dewan Kota Newham Allain Craig yang juga anggota parlemen dari Aliansi Masyarakat Kristen, juga menjadi salah seorang politisi di Inggris yang menentang pembangunan masjid agung di Newham.

Warga Muslim mengecam sikap Craig. “Craig adalah seorang pengecut dan rasis, ” kata Faisal Hammad.

Warga Newham lainnya, Graham Hyde, melontarkan kecaman yang sama. “Para politisi seperti Craig bisa tega menjual ibu-ibu mereka demi beberapa baris berita di media massa, ” tukas Hyde.

“Saya malu dengan cara orang ini menimbulkan perpecahan. Dia harus di pecat dari kantornya, ” sambungnya, seraya menyatakan bahwa keluarganya yang non-Muslim tidak keberatan dengan rencana pembangunan masjid tersebut.

Walikota Inggris Ken Livingstone juga mengecam kampanye yang menentang pembangunan masjid itu. Ia menyatakan, kampanye itu adalah upaya untuk menimbulkan kebencian antara warga Muslim dan Non Muslim. Menurutnya, rencana pembangunan masjid di Newham merupakan tanda harmonisnya hubungan antara masyarakat beragama di Inggris.

Dalam cetak biru rencana pembangunan, masjid yang akan dibangun di atas tanah seluas 18 hektar ini, akan dilengkapi dengan fasilitas sekolah, arena bermain dan taman. Masjid agung ini diperkirakan mampu menampung 12 ribu jamaah.

Kampanye Hitam Jamaah Tabligh

Bukan hanya rencana pembangunan masjid saja yang menjadi target kampanye hitam media massa. Komunitas Jamaah Tabligh sendiri juga menjadi sasaran mereka.

Dalam artikelnya tanggal 21 Mei, surat kabar The Times menyebut Jamaah Tabligh sebagai salah satu “sekte Islam yang tertutup” dan “gerakan keagamaan ultra ortodok. ” The Times mengutip informasi yang diklaim berasal dari lembaga-lembaga intelejen yang menyebut Jamaah Tabligh sebagai organisasi yang mengajarkan ekstrimisme.

Tulisan itu dibantah oleh Abbey Mills Mosque Project yang mewakili Jamaah Tabligh. Mereka menyatakan bahwa Jamaah Tabligh adalah organisasi non politik dan melaksanakan ajaran agama dengan cara damai dan terbuka.

“Untuk itu kami membantah semua tuduhan yang mengaitkan kami dengan segala bentuk terorisme, ” kata juru bicara Abbey Mills Mosque Project.

Sosiolog dari Edinburgh Gerald Hewitt mengatakan, sangat mudah bagi media massa untuk melontarkan tudingan apapun pada Jamaah Tabligh, meski jamaah ini selalu berusaha menunjukkan bahwa mereka melaksanakan ajaran agamanya dengan cara damai dan secara pribadi, tidak berupaya mempengaruhi warga non-Muslim.

“Tidak bisakah orang menghormati hal ini?” tukas Hewitt.

Dalam berbagai wawancara, sejumlah pemuka umat Islam di Inggris juga membantah bahwa Jamaah Tabligh mengajarkan kekerasan dalam dakwahnya. Menurut mereka, kampanye buruk media massa terhadap Jamaah Tabligh merupakan bagian dari Islamofobia yang kini marak di Inggris. (ln/iol)

24 Responses so far »

  1. 1

    yoga said,

    i reject if Islam said as terrorism, i love Islam as my Religion. follow the right way so you can fell more peace in your life than ever you felt before…
    i also support jamaah tabligh, shows them if Islam is a respectly religion

  2. 2

    ishak hanafi said,

    ASS, Kasihnilah saudara kita baik muslim maupun non muslim
    dgn da’wah cara jamaah tabligh insya Allah mereka akan menjadi muslim yang baik

  3. 3

    rinduhidayah said,

    Go Moslems go!
    Go Tabligher go!

  4. 4

    Ahmad Jauzy said,

    Sudah gak sabar nih ngeliat masjid terbesar tersebut di bangun…
    Kami sangat2 mendukung…

  5. 5

    Abdullah Indrasakti said,

    Alhamdulillah, ana bersyukur, rumah Allah akan di bangun di Inggris, dan semoga karqun2 sabar dan istiqomah untuk membangun maqomi disana agar hidayah tersebar di seluruh Alam.
    Magelang, Jawa tengah Indonesia

  6. 6

    Mukhlis said,

    Subhanallah,”Duhai Allah, turunkan HidayahMu di seluruh Alam, Amiin..”

  7. 7

    Assalamu ‘alaikum wr. wb.

    Kami jadi teringat pertemuannya dengan rombongan dari Inggris ketika datang ke kota kami, Bandung, sekitar tahun 1990-an. Beberapa tahun yang lalu kaum muslimin yang terlibat dalam usaha da’wah ini di Inggris sangat berkeinginan membantu dan memperbaiki masjid yang ada di Nizamuddin. Karena jika dibandingkan dengan masjid di Inggris, sangat jauh berbeda. Tetapi selalu tidak ada jawabannya. Akhirnya diberikan pelajaran yang sangat menarik dengan kisah Nabi Musa dan Nabi Khidir.

    Setelah memahami itu, tidak lagi mengajukan permintaan itu. Dan masyaikh berpesan jika mau membangun masjid bagus, bangunlah di negeri kamu dengan bagus dan besar. Dan sekarang menjadi wujud pesannya itu .. Subhanallah … Tetapi pelajaran yang lebih berharga adalah pelajaran Nabi Musa dan Nabi Khidir. Karena dijelaskan dengan sangat jelas dalam Al-quran sendiri. Dan banyak pelajaran yang dapat kita peroleh dalam perjalanan kedua Nabi itu.

  8. 8

    Sulton said,

    subhanallah, semoga Allah SWT memberi kita kepahaman dalam usaha dakwah

  9. 9

    orang awam said,

    banyak doa aj saudara2 ku semoga mesjid nya cepat selesai dan menjadi asbab hidayah di inggris salam dari karkun pd kacang bintaro..

  10. 10

    ilyas said,

    Allahumma shalli ‘ala Muhammad, Mohon sebarkan hidayah ya Allah, hantarkan semua ummat muslim ke inggris untuk saksikan hasil kerja dakwah, beri kami semua hidayah ya Allah

  11. 11

    cabil said,

    mohon ditampilkan juga keajaiban2 dakwah ditabligh

  12. 12

    fay said,

    seneng rasanya bisa denger karguzari dakwah seluruh alam. semoga allah sebarkan hidayah seluruh alam…
    sampai hidayah masuk ke hati semua manusia seluruh alam sampai hari qiyamat.
    best regards
    fay ahmed
    http://fay-ahmed.blogspot.com/

  13. 13

    Fahri said,

    Islam will never die
    Semoga rencana terealisasi
    AMIN

  14. 14

    uripan said,

    I’m join in this jamaah for 1 year ago, Insya Allah. and I find something special that I never found from any other organization, and I hope all of my brother all arround the world come and join.

  15. 15

    solikin said,

    ya ALLAH ampunilah dosa-dosaku, dosa umat muslim seluruh alam dan berilah hidayahmu bercurah-curah kepada setiap orang yang Kau-kehendaki, dan janganlah Kau campakkan diriku dari usaha Rosul-MU………

    …………tidak ada usaha yang lebih penting dari usaha untuk mendatangkan hidayah-MU ya ALLAH……..gunakanlah diriku, umurku, hartaku untuk agama dan jangan kau sibukkan aku dengan dunia tanpa peduli dgn urusan agamamu………….

    semoga semua pengorbanan setiap muslim menjadi asbab hidayah bagi seluruh alam termasuk inggris……amin

  16. 16

    Jubair said,

    Allhamdulillah kami jama’ah dari lampung ingin selalu memberikan semangat kepada muslim di inggris terutama para karqun2nya. Allah SWT akan selalu terangi hati kalian dengan cahayanya, sampaiakan dan amalkan selalu sunnah Rasulullah SAW, jangan pernah berhenti berjuang di jalan Allah. Ingat kejayaan akan datang bagi orang – orang teguh menjalankan sunnah baginda Rasulullah SAW. Ingat hanya dengan dakwah cara Rasulullah,Islam akan jaya sekali lagi.

    ALLAH
    WITH YOU ALL…..Amiin
    Jubair

  17. 17

    Hanafi said,

    اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ .
    اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ، إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدّعَوَاتِ.
    رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلّاً لِّلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَؤُوفٌ رَّحِيمٌ
    رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنفُسَنَا وَإِن لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ
    رَبَنَا ءَاتِنَا فِي الدّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النّارِ. والحمد لله رب العالمين
    وَصَلى الله وسَلم عَلَى مُحَمد تسليمًا كَثيْرًا وآخر دَعْوَانَا لله رَب الْعَالَميْنَ.

  18. 18

    Eko Abdu Syakur said,

    Intanshurulloha yanshurkum wayustabbit aqdaamakum……Allohummanshurna…wanshur mujahid fii kulli makan…..Maasya Allohu Kaana wa man lam yasya lam yakun…..

  19. 19

    Waluyo el Hakim said,

    Alhamdulillah…semoga Allah SWT mengampuni dosa2 dan memberikan kemudahan bagi kita semua. Semoga masjid yang insyaallah akan dibangun saudara2 kita di Inggris menjadikan sarana bagi karkun2 untuk memekarkan usaha atas agama kita dan menjadi asbab Hidayah bagi seluruh alam. Amin… Semoga Allah terima pengorbanan kita.

  20. 20

    munir said,

    semoga Allah mudahkan

  21. 21

    atha illah said,

    insya allah tambah korban akan allah bantu, keluar lebih lama, lebih jauh, lebih sungguh-sungguh,

  22. 22

    rizkimovic said,

    Assalamu’alaikum for all brother n sister (MOSLEM) all around the world
    we must support them by praying all the time.
    wish Allah give them n us power 2 make Islam always STAND in every single live…

  23. 23

    munir batam said,

    inysa allah allah mudah kan…jangan lupa kirim jamaah ke batam

  24. 24

    HARIST said,

    KATA PAK CECEP : KALAU MAU JADI BERMANFAAT MEMANG HARUS ADA BENTURAN-BENTURAN. CONTOH BERAS ATAU GANDUM HARUS DIBENTURIN DULU HINGGA HANCUR HALUS MAKA DIA JADI BERMANFAAT…


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: