Fakta Islam Indonesia

Melacak sejarah masuknya Islam ke Indonesia bukanlah urusan mudah. Tak banyak jejak yang bisa dilacak. Ada beberapa pertanyaan awal yang bisa diajukan untuk menelusuri kedatangan Islam di Indonesia. Beberapa pertanyaan itu adalah, darimana Islam datang? Siapa yang membawanya dan kapan kedatangannya?Ada beberapa teori yang hingga kini masih sering dibahas, baik oleh sarjana-sarjana Barat maupun kalangan intelektual Islam sendiri. Setidaknya ada tiga teori yang menjelaskan kedatangan Islam ke Timur Jauh termasuk ke Nusantara. Teori pertama diusung oleh Snouck Hurgronje yang mengatakan Islam masuk ke Indonesia dari wilayah-wilayah di anak benua India. Tempat-tempat seperti Gujarat, Bengali dan Malabar disebut sebagai asal masuknya Islam di Nusantara.

Dalam L’arabie et les Indes Neerlandaises, Snouck mengatakan teori tersebut didasarkan pada pengamatan tidak terlihatnya peran dan nilai-nilai Arab yang ada dalam Islam pada masa-masa awal, yakni pada abad ke-12 atau 13. Snouck juga mengatakan, teorinya didukung dengan hubungan yang sudah terjalin lama antara wilayah Nusantara dengan daratan India.

Sebetulnya, teori ini dimunculkan pertama kali oleh Pijnappel, seorang sarjana dari Universitas Leiden. Namun, nama Snouck Hurgronje yang paling besar memasarkan teori Gujarat ini. Salah satu alasannya adalah, karena Snouck dipandang sebagai sosok yang mendalami Islam. Teori ini diikuti dan dikembangkan oleh banyak sarjana Barat lainnya.
Teori kedua, adalah Teori Persia. Tanah Persia disebut-sebut sebagai tempat awal Islam datang di Nusantara. Teori ini berdasarkan kesamaan budaya yang dimiliki oleh beberapa kelompok masyarakat Islam dengan penduduk Persia. Misalnya saja tentang peringatan 10 Muharam yang dijadikan sebagai hari peringatan wafatnya Hasan dan Husein, cucu Rasulullah. Selain itu, di beberapa tempat di Sumatera Barat ada pula tradisi Tabut, yang berarti keranda, juga untuk memperingati Hasan dan Husein. Ada pula pendukung lain dari teori ini yakni beberapa serapan bahasa yang diyakini datang dari Iran. Misalnya jabar dari zabar, jer dari ze-er dan beberapa yang lainnya.

Teori ini menyakini Islam masuk ke wilayah Nusantara pada abad ke-13. Dan wilayah pertama yang dijamah adalah Samudera Pasai.

Kedua teori di atas mendatang kritikan yang cukup signifikan dari teori ketiga, yakni Teori Arabia. Dalam teori ini disebutkan, bahwa Islam yang masuk ke Indonesia datang langsung dari Makkah atau Madinah. Waktu kedatangannya pun bukan pada abad ke-12 atau 13, melainkan pada awal abad ke-7. Artinya, menurut teori ini, Islam masuk ke Indonesia pada awal abad hijriah, bahkan pada masa khulafaur rasyidin memerintah. Islam sudah mulai ekspidesinya ke Nusantara ketika sahabat Abu Bakar, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib memegang kendali sebagai amirul mukminin.

Bahkan sumber-sumber literatur Cina menyebutkan, menjelang seperempat abad ke-7, sudah berdiri perkampungan Arab Muslim di pesisir pantai Sumatera. Di perkampungan-perkampungan ini diberitakan, orang-orang Arab bermukim dan menikah dengan penduduk lokal dan membentuk komunitas-komunitas Muslim.

Dalam kitab sejarah Cina yang berjudul Chiu T’hang Shu disebutkan pernah mendapat kunjungan diplomatik dari orang-o-rang Ta Shih, sebutan untuk orang Arab, pada tahun tahun 651 Masehi atau 31 Hijirah. Empat tahun kemudian, dinasti yang sama kedatangan duta yang dikirim oleh Tan mi mo ni’. Tan mi mo ni’ adalah sebutan untuk Amirul Mukminin.

Dalam catatan tersebut, duta Tan mi mo ni’ menyebutkan bahwa mereka telah mendirikan Daulah Islamiyah dan sudah tiga kali berganti kepemimpinan. Artinya, duta Muslim tersebut datang pada masa kepemimpinan Utsman bin Affan.

Biasanya, para pengembara Arab ini tak hanya berlayar sampai di Cina saja, tapi juga terus menjelajah sampai di Timur Jauh, termasuk Indonesia. Jauh sebelum penjelajah dari Eropa punya kemampuan mengarungi dunia, terlebih dulu pelayar-pelayar dari Arab dan Timur Tengah sudah mampu melayari rute dunia dengan intensitas yang cukup padat. Ini adalah rute pelayaran paling panjang yang pernah ada sebelum abad 16.

Hal ini juga bisa dilacak dari catatan para peziarah Budha Cina yang kerap kali menumpang kapal-kapal ekspedisi milik orang-orang Arab sejak menjelang abad ke-7 untuk pergi ke India. Bahkan pada era yang lebih belakangan, pengembara Arab yang masyhur, Ibnu Bathutah mencatat perjalanannya ke beberapa wilayah Nusantara. Tapi sayangnya, tak dijelaskan dalam catatan Ibnu Bathutah daerah-daerah mana saja yang pernah ia kunjungi.

Kian tahun, kian bertambah duta-duta dari Timur Tengah yang datang ke wilayah Nusantara. Pada masa Dinasti Umayyah, ada sebanyak 17 duta Muslim yang datang ke Cina. Pada Dinasti Abbasiyah dikirim 18 duta ke negeri Cina. Bahkan pada pertengahan abad ke-7 sudah berdiri beberapa perkampungan Muslim di Kanfu atau Kanton.

Tentu saja, tak hanya ke negeri Cina perjalanan dilakukan. Beberapa catatan menyebutkan duta-duta Muslim juga mengunjungi Zabaj atau Sribuza atau yang lebih kita kenal dengan Kerajaan Sriwijaya. Hal ini sangat bisa diterima karena zaman itu adalah masa-masa keemasan Kerajaan Sriwijaya. Tidak ada satu ekspedisi yang akan menuju ke Cina tanpa melawat terlebih dulu ke Sriwijaya.

Sebuah literatur kuno Arab yang berjudul Aja’ib al Hind yang ditulis oleh Buzurg bin Shahriyar al Ramhurmuzi pada tahun 1000 memberikan gambaran bahwa ada perkampungan-perkampungan Muslim yang terbangun di wilayah Kerajaan Sriwijaya. Hubungan Sriwijaya dengan kekhalifahan Islam di Timur Tengah terus berlanjut hingga di masa khalifah Umar bin Abdul Azis. Ibn Abd Al Rabbih dalam karyanya Al Iqd al Farid yang dikutip oleh Azyumardi Azra dalam bukunya Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII dan XVIII menyebutkan ada proses korespondensi yang berlangsung antara raja Sriwijaya kala itu Sri Indravarman dengan khalifah yang terkenal adil tersebut.

“Dari Raja di Raja [Malik al Amlak] yang adalah keturunan seribu raja; yang istrinya juga cucu seribu raja; yang di dalam kandang binatangnya terdapat seribu gajah; yang di wilayahnya terdapat dua sungai yang mengairi pohon gaharu, bumbu-bumbu wewangian, pala dan kapur barus yang semerbak wanginya hingga menjangkau jarak 12 mil; kepada Raja Arab yang tidak menyekutukan tuhan-tuhan lain dengan Tuhan. Saya telah mengirimkan kepada Anda hadiah, yang sebenarnya merupakan hadiah yang tak begitu banyak, tetapi sekadar tanda persahabatan. Saya ingin Anda mengirimkan kepada saya seseorang yang dapat mengajarkan Islam kepada saya dan menjelaskan kepada saya tentang hukum-hukumnya,” demikian antara lain bunyi surat Raja Sriwijaya Sri Indravarman kepada Khalifah Umar bin Abdul Azis. Diperkirakan hubungan diplomatik antara kedua pemimpin wilayah ini berlangsung pada tahun 100 hijriah atau 718 masehi.

Tak dapat diketahui apakah selanjutnya Sri Indravarman memeluk Islam atau tidak. Tapi hubungan antara Sriwijaya Dan pemerintahan Islam di Arab menjadi penanda babak baru Islam di Indonesia. Jika awalnya Islam masuk memainkan peranan hubungan ekonomi dan dagang, maka kini telah berkembang menjadi hubungan politik keagamaan. Dan pada kurun waktu ini pula Islam mengawali kiprahnya memasuki kehidupan raja-raja dan kekuasaan di wilayah-wilayah Nusantara.

Pada awal abad ke-12, Sriwijaya mengalami masalah serius yang berakibat pada kemunduran kerajaan. Kemunduran Sriwijaya ini pula yang berpengaruh pada perkembangan Islam di Nusantara. Kemerosotan ekonomi ini pula yang membuat Sriwijaya menaikkan upeti kepada kapal-kapal asing yang memasuki wilayahnya. Dan hal ini mengubah arus perdagangan yang telah berperan dalam penyebaran Islam.

Selain Sabaj atau Sribuza atau juga Sriwijaya disebut-sebut telah dijamah oleh dakwah Islam, daerah-daerah lain di Pulau Sumatera seperti Aceh dan Minangkabau menjadi lahan dakwah. Bahkan di Minangkabau ada tambo yang mengisahkan tentang alam Minangkabau yang tercipta dari Nur Muhammad. Ini adalah salah satu jejak Islam yang berakar sejak mula masuk ke Nusantara.

Di saat-saat itulah, Islam telah memainkan peran penting di ujung Pulau Sumatera. Kerajaan Samudera Pasai menjadi kerajaan Islam pertama yang dikenal dalam sejarah. Namun ada pendapat lain dari Prof. Ali Hasjmy dalam makalahnya pada Seminar Sejarah Masuk dan Berkembangnya Islam di Aceh yang digelar pada tahun 1978. Menurut Ali Hasjmy, kerajaan Islam pertama adalah Kerajaan Perlak.

Masih banyak perdebatan memang, tentang hal ini. Tapi apapun, pada periode inilah Islam telah memegang peranan yang signifikan dalam sebuah kekuasaan. Pada periode ini pula hubungan antara Aceh dan kilafah Islam di Arab kian erat.

Selain pada pedagang, sebetulnya Islam juga didakwahkan oleh para ulama yang memang berniat datang dan mengajarkan ajaran tauhid. Tidak saja para ulama dan pedagang yang datang ke Indonesia, tapi orang-orang Indonesia sendiri banyak pula yang hendak mendalami Islam dan datang langsung ke sumbernya, di Makkah atau Madinah. Kapal-kapal dan ekspedisi dari Aceh, terus berlayar menuju Timur Tengah pada awal abad ke-16. Bahkan pada tahun 974 hijriah atau 1566 masehi dilaporkan, ada lima kapal dari Kerajaan Asyi (Aceh) yang berlabuh di bandar pelabuhan Jeddah.

Ukhuwah yang erat antara Aceh dan kekhalifahan Islam itu pula yang membuat Aceh mendapat sebutan Serambi Makkah. Puncak hubungan baik antara Aceh dan pemerintahan Islam terjadi pada masa Khalifah Utsmaniyah. Tidak saja dalam hubungan dagang dan keagamaan, tapi juga hubungan politik dan militer telah dibangun pada masa ini. Hubungan ini pula yang membuat angkatan perang Utsmani membantu mengusir Portugis dari pantai Pasai yang dikuasai sejak tahun 1521. Bahkan, pada tahun-tahun sebelumnya Portugis juga sempat digemparkan dengan kabar pemerintahan Utsmani yang akan mengirim angkatan perangnya untuk membebaskan Kerajaan Islam Malaka dari cengkeraman penjajah. Pemerintahan Utsmani juga pernah membantu mengusir Parangi (Portugis) dari perairan yang akan dilalui Muslim Aceh yang hendak menunaikan ibadah haji di tanah suci.

Selain di Pulau Sumatera, dakwah Islam juga dilakukan dalam waktu yang bersamaan di Pulau Jawa. Prof. Hamka dalam Sejarah Umat Islam mengungkapkan, pada tahun 674 sampai 675 masehi duta dari orang-orang Ta Shih (Arab) untuk Cina yang tak lain adalah sahabat Rasulullah sendiri Muawiyah bin Abu Sofyan, diam-diam meneruskan perjalanan hingga ke Pulau Jawa. Muawiyah yang juga pendiri Daulat Umayyah ini menyamar sebagai pedagang dan menyelidiki kondisi tanah Jawa kala itu. Ekspedisi ini mendatangi Kerajaan Kalingga dan melakukan pengamatan. Maka, bisa dibilang Islam merambah tanah Jawa pada abad awal perhitungan hijriah.

Jika demikian, maka tak heran pula jika tanah Jawa menjadi kekuatan Islam yang cukup besar dengan Kerajaan Giri, Demak, Pajang, Mataram, bahkan hingga Banten dan Cirebon. Proses dakwah yang panjang, yang salah satunya dilakukan oleh Wali Songo atau Sembilan Wali adalah rangkaian kerja sejak kegiatan observasi yang pernah dilakukan oleh sahabat Muawiyah bin Abu Sofyan.

Peranan Wali Songo dalam perjalanan Kerajaan-kerajaan Islam di Jawa sangatlah tidak bisa dipisahkan. Jika boleh disebut, merekalah yang menyiapkan pondasi-pondasi yang kuat dimana akan dibangun pemerintahan Islam yang berbentuk kerajaan. Kerajaan Islam di tanah Jawa yang paling terkenal memang adalah Kerajaan Demak. Namun, keberadaan Giri tak bisa dilepaskan dari sejarah kekuasaan Islam tanah Jawa.

Sebelum Demak berdiri, Raden Paku yang berjuluk Sunan Giri atau yang nama aslinya Maulana Ainul Yaqin, telah membangun wilayah tersendiri di daerah Giri, Gresik, Jawa Timur. Wilayah ini dibangun menjadi sebuah kerajaan agama dan juga pusat pengkaderan dakwah. Dari wilayah Giri ini pula dihasilkan pendakwah-pendakwah yang kelah dikirim ke Nusatenggara dan wilayah Timur Indonesia lainnya.

Giri berkembang dan menjadi pusat keagamaan di wilayah Jawa Timur. Bahkan, Buya Hamka menyebutkan, saking besarnya pengaruh kekuatan agama yang dihasilkan Giri, Majapahit yang kala itu menguasai Jawa tak punya kuasa untuk menghapus kekuatan Giri. Dalam perjalanannya, setelah melemahnya Majapahit, berdirilah Kerajaan Demak. Lalu bersambung dengan Pajang, kemudian jatuh ke Mataram.

Meski kerajaan dan kekuatan baru Islam tumbuh, Giri tetap memainkan peranannya tersendiri. Sampai ketika Mataram dianggap sudah tak lagi menjalankan ajaran-ajaran Islam pada pemerintahan Sultan Agung, Giri pun mengambil sikap dan keputusan. Giri mendukung kekuatan Bupati Surabaya untuk melakukan pemberontakan pada Mataram.

Meski akhirnya kekuatan Islam melemah saat kedatangan dan mengguritanya kekuasaan penjajah Belanda, kerajaan dan tokoh-tokoh Islam tanah Jawa memberikan sumbangsih yang besar pada perjuangan. Ajaran Islam yang salah satunya mengupas makna dan semangat jihad telah menorehkan tinta emas dalam perjuangan Indonesia melawan penjajah. Tak hanya di Jawa dan Sumatera, tapi di seluruh wilayah Nusantara.

Muslim Indonesia mengantongi sejarah yang panjang dan besar. Sejarah itu pula yang mengantar kita saat ini menjadi sebuah negeri Muslim terbesar di dunia. Sebuah sejarah gemilang yang pernah diukir para pendahulu, tak selayaknya tenggelam begitu saja. Kembalikan izzah Muslim Indonesia sebagai Muslim pejuang. Tegakkan kembali kebanggaan Muslim Indonesia sebagai Muslim bijak, dalam dan sabar.

Kita adalah rangkaian mata rantai dari generasi-generasi tangguh dan tahan uji. Maka sekali lagi, tekanan dari luar, pengkhianatan dari dalam, dan kesepian dalam berjuang tak seharusnya membuat kita lemah. Karena kita adalah orang-orang dengan sejarah besar. Karena kita mempunyai tugas mengembalikan sejarah yang besar. Wallahu a’lam.

Sumber: http://faktaandalusia.wordpress.com

13 Responses so far »

  1. 1

    masayok said,

    Subhanallah. Indahnya Islam ketika diterapkan oleh sebuah kekuasaan adidaya yaitu KHILAFAH ISLAMIYAH.
    Dakwah dilakukan dengan sitematis yaitu penyebaran da’i-da’i yang didanai oleh negara, hingga Islam mencapai negeri nusantara ini yang kita kenala Wali Songo, para ulama yang diutus Khilafah Utsmaniyah untuk menjadi penasihat sultan-sultan yang telah bergabung dengan keKhilafahan Utsmaniyah, agar para sultan bisa menjalankan wilayahnya sesuai Islam.

    Majulah Islam! Bersatulah ummat Islam dibawah satu bendera Tauhid!

    http://www.ayok.wordpress.com

  2. 3

    abu hanif said,

    khilafah islamiyah mestinya tidak berhenti, sesuai dengan pengertian ad-dien dan bukan hanya sekedar kebanggaan. Hanya pada periodenya saja posisi di atas tanah atau di bawah tanah. Sejarah dapat dirujuk pada pengikut ad-dienul-haq yang selalu berpegang pada tauhid yang turun-temurun seperti proses tauhid para nabi.

    tinggal kita pada posisi di mana? apakah pada posisi dalam dienul-haq ataukan di luar dienul haq?

  3. 4

    ihsan said,

    aslm

    infonya bagus sekali
    syukron yaa

  4. 5

    syakha said,

    ada cara untuk baca al-qur’an dlm internet

  5. 6

    syakha said,

    thx..4 all smoga bs bntu sya..sya tggu di e-mail balik ya ke sya

  6. 7

    M U Q A D D I M A H
    Atas berkat rahmat Allah yang Maha Penyayang lagi Maha Pengasih. Dengan pemahaman serta penghayatan asma Allah yang dengan asma-Nya itu kita mewarisi ilmu untuk mendefinisikan segala sesuatu di alam semesta ini yang telah terdefinisi sebagai rahmat bagi seluruh alam mikrokosmos maupun makrokosmos dalam wujud materi lahiriah maupun energi batiniah serta menjadi perwujudan spirit kemanusiaan sejati sejak zaman Nabi Adam Alaihis Salaam.
    Maka kemudian melalui keteladanan hidup perjuangan Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi was Salaam maka hendaknya kita mengamalkan suatu praktek nyata pembangunan penataan hidup yang sejuk dan damai serta penuh cinta kasih dalam ampunan Tuhan secara berkelanjutan hingga akhir zaman berdasarkan teori Al Qur’an yang dipraktekkan menurut Sunnah Rasul-Nya.
    Alhamdulillaahirrabbilalamiin. Segala puji bagi Allah, Rabb seluruh alam. Marilah kita wujudkan sikap hidup yang memuliakan bentuk penataan system hidup yang sesuai teori Ajaran Allah yang dipraktekkan menurut Sunnah Rasul-Nya. Semoga shalawat serta salam tercurah kepada Muhammad dan Keluarga Suci-nya serta para pendukung Ahlul Bait dan semoga laknat Allah menimpa musuh-musuh mereka. Semoga kemenangan selalu bersama kaum mukminin.
    Saya bersaksi dengan pembuktian yang nyata bahwa tidak ada penataan serta pembinaan hidup yang lebih revolusioner, sejuk dan penuh cinta kasih melainkan penataan serta pembinaan hidup progresif revolusioner yang sesuai dengan ajaran Allah menurut Sunnah RasulNya.
    Sungguh hanya kepada Allah kuserahkan sholatku, ibadahku, esensi hidupku yang meliputi prinsip hidupku, pandangan hidupku, sikap hidupku dan tindakanku yang berupa pengabdian serta karya hidupku hingga akhir hayatku. Sungguh aku bersaksi dengan pembuktian nyata bahwa tiada satupun ideologi di langit dan bumi ini yang setaraf dengan ideologi ajaran Allah menurut Sunnah RasulNya. Pilihan hidup terbaik ialah hidup mulia dalam taqwa atau mati syahid.
    Saya bersaksi dengan pembuktian nyata bahwa Muhammad adalah abdi dan Rasul-Nya dan bahwa Ali adalah Amirul Mukminin dan anak keturunannya yang ma’shum adalah penerusnya dan bahwa apapun yang dibawa Rasulullah adalah kebenaran dan bahwa kubur, kebangkitan, surga dan neraka adalah benar dan sungguh benar Allah akan membangkitkan yang di dalam kubur.
    Maka dengan berdasarkan teori Al Qur’an yang dipraktekkan menurut Sunnah Rasul-Nya marilah kita bersama-sama bersatu dalam penyatuan pola pikir dan cara pandang untuk kemudian membangun suatu model masyarakat dunia yang menghidupkan penataan serta pembinaan hidup progresif revolusioner, sejuk dan penuh cinta kasih yang sesuai dengan ajaran Allah menurut Sunnah RasulNya.
    Untuk mewujudkan cita-cita Islam secara komprehensif integral maka hendaknya kita bersama-sama memelihara dan meningkatkan kualitas iman juang serta senantiasa menaati garis iman juang sebagai dasar strategis perjuangan. Sungguh hanya melalui pembinaan sikap diri pribadi yang penuh dengan kepercayaan, keyakinan dan kemantapan maka segenap cita-cita Islam dapat diraih dengan semangat juang jihad fis sabilillah yang dilaksanakan dengan penuh keikhlasan, sabar dan bertawakkal kepada Allah. Marilah kita tetap teguh mendirikan shalat sebagai pembinaan iman, melaksanakan puasa sebagai pembinaan ketabahan iman dan menunaikan haji sebagai pembuktian cinta kepada Allah. Sungguh Allah itu selalu bersama orang-orang yang sabar.

    Assalaamualaikum wa rahmatullohi wa barokatuh. Bismillahirrahmaanirrahiim.
    Sepertinya roda zaman semakin cepat berputar, hari demi hari dipenuhi dengan berbagai drama kemanusiaan. Berbagai peristiwa tragis dalam sejarah kemanusiaan modern telah membuat kita semakin ragu tentang masa depan kemanusiaan. Orang saling membunuh demi memperebutkan hal-hal duniawi. Manusia pemilik modal (borjuis) menindas manusia yang menjadi buruh (proletar). Para pemilik modal melakukan eksploitasi terhadap sumberdaya alam, sumberdaya manusia dan sumberdaya ilmu. Akibatnya berbagai kerusakan semakin merajalela. Perilaku manusia berubah menjadi bengis ketika kemajuan ilmu semakin pesat. Agama-agama yang ada justru bukan menjadi sumber perdamaian melainkan peperangan. Sementara itu upaya-upaya untuk membangun kesejahteraan bangsa mendapat kendala berupa aksi ketidak adilan dalam berbagai sendi kehidupan.
    Timbullah gambaran yang menyayat hati. Si kaya memeras si miskin sehingga si kaya semakin kaya dan si miskin semakin miskin. Yang kuat menindas yang lemah sehingga yang kuat semakin menghebat dan yang lemah semakin tertindas. Apakah yang menjadi sebab berbagai jenis ketidak adilan dan ketimpangan ini?
    Penyebabnya adalah masalah pandangan hidup. Pandangan hidup yang saat ini sedang menghiasi panggung sejarah adalah pandangan hidup kapitalis atau disebut sebagai kapitalisme. Ide-ide kapitalisme modern bersumber dari sebuah buku berjudul “The Wealth of Nation”, karya Adam Smith. Kapitalisme menempatkan modal sebagai ujung tombak penciptaan kesejahteraan hidup, sehingga dengan modal itu kemudian setiap individu memiliki kebebasan penuh guna membangun kesejahteraan pribadinya dengan cara mengakumulasi modal dan mengeksploitasi sumberdaya produksi secara efektif sehingga mendatangkan profit yang sebesar-besarnya. Timbulah kompetisi modal, kompetisi produksi antar individu sehingga yang namanya menghabisi kompetitor disebut sebagai prestasi bahkan suatu seni tersendiri menurut paham kapitalisme. Tentu saja kapitalisme secara terang-terangan tidak mau peduli dengan kesejahteraan sosial, sebab tujuan dari kapitalisme adalah dengan seminimal mungkin modal dapat meraih profit yang sebesar-besarnya. Sehingga pembagian keuntungan untuk tujuan menciptakan kesejahteraan umum, menurut paham kapitalisme dapat dilakukan dengan pola “trickle down-effect” yang oleh Adam Smith akan terjadi sebagai akibat ulah “tangan ajaib”.
    KAPITALISME
    Namun apakah demikian itu yang terjadi? Sekian tahun semenjak kapitalisme modern dicetuskan oleh Adam Smith, yang terjadi adalah para pemilik modal melakukan penghisapan terhadap aset-aset produksi, yang meliputi sumberdaya alam, sumberdaya manusia dan sumberdaya ilmu. Kapitalisme telah berhasil mendorong timbulnya industrialisasi di Inggris melalui revolusi industri. Sehingga kapitalisme telah mendorong kemajuan ekonomi yang sangat pesat di Inggris waktu itu. Keberhasilan Inggris ini kemudian diikuti oleh Perancis dan Negara-negara Eropa yang lain. Seiring ditemukannya Benua Amerika, maka dimulailah abad penjelajahan, abad kolonialisme, yaitu abad penindasan secara merata di muka bumi yang dilakukan oleh kaum kapitalis. Kolonialisme adalah babak lanjut dari kapitalisme. Kolonialisme yang dilakukan oleh Negara-negara Eropa di berbagai belahan dunia ini kemudian berlangsung selama hampir 300 tahun lebih dan menghasilkan kekayaan yang luar biasa di pihak Eropa serta kehancuran yang luar biasa di pihak yang dijajah.
    Era baru pasca kolonialisme ialah munculnya gelora kemerdekaan di negara-negara terjajah. Semangat kemerdekaan ini kemudian menggelora, menggelegar menjadi sebuah keinginan bersama dari negara-negara bekas jajahan untuk melawan system kapitalisme sampai ke akar-akarnya. Sayangnya keinginan untuk melawan kapitalisme ini tidak disertai konsep-konsep yang matang dan teruji, sehingga kapitalisme pun berhasil membendung berbagai upaya melawan kapitalisme. Kemudian diperkenalkan sebuah jenis baru kapitalisme kepada negara-negara bekas jajahan, yaitu imperialisme. Neo-imperialisme membawa sifat-sifat baru yang lebih keji daripada kolonialisme. Neo-imperialisme adalah tingkat puncak kapitalisme.
    Neo-imperialisme tidak butuh sebuah wilayah secara geografis untuk dijajah, tetapi neo-imperialisme ini membawa kebudayaan baru yang mengarahkan pandangan hidup manusia khususnya di negara-negara bekas jajahan untuk bersikap mendukung kegiatan produksi dengan menempatkan manusia sebagai konsumen. Maka dengan kekuatan modal yang luar biasa besarnya yang diperoleh dari keuntungan menjajah selama berabad-abad di berbagai belahan dunia, maka dibangunlah berbagai imperium-imperium modal berupa perusahan-perusahan raksasa multinasional (lintas negara).
    Neo-imperialisme bersama para dalang dan antek-anteknya kemudian memperkenalkan jenis-jenis pandangan hidup merusak kepada umat manusia seperti materialisme, liberalisme, konsumerisme dan hedonisme. Bagaikan virus yang sedemikian cepat menulari jiwa-jiwa manusia dengan berbagai penyakit dan kotoran kemanusiaan maka kapitalisme modern secara nyata sukses besar merenggut kesadaran manusia akan kemanusiaannya sendiri dan berhasil menciptakan keterasingan massal manusia terhadap kemanusiaannya sendiri serta mengubah nilai-nilai kemanusiaan dan keadilan menjadi harga-harga yang diserahkan penghargaannya kepada apa yang oleh kapitalisme disebut sebagai “system pasar”. Sistem pasar yang penuh dengan tindak kecurangan.
    KEBIADABAN KAPITALISME
    Kapitalisme yang sedemikian jahat ini kemudian membawa manusia ke dalam susunan kehidupan yang penuh dengan penindasan, pembodohan dan kerusakan yang luar biasa. Pola-pola kehidupan di rusak oleh manusia setelah pola pikir manusianya dirusak terlebih dahulu oleh kapitalisme.
    Kapitalisme ini telah menciptakan belenggu dalam urat syaraf sadar manusia modern dengan apa yang dinamakan sebagai egoisme. Egoisme ini yang menjadikan manusia semakin lupa dan terjauh dari derajat kemanusiaannya sendiri. Manusia kemudian terjerumus dalam kubangan comberan yang teramat sangat kotor bernama kapitalisme, kemudian bagaikan seekor anjing yang kelaparan, manusia kemudian mengumpulkan remah-remah, sisa-sisa bahkan kotoran kapitalisme yang dia sebut sebagai “profit”. Kumpulan kotoran itu kemudian dibangga-banggakan oleh si manusia egois tadi sebagai wujud “prestasi” dirinya dalam hal pengabdiannya terhadap kapitalisme. Kapitalisme telah berhasil menghipnotis manusia egois tersebut sehingga memandang kotoran yang terdiri dari tai dan kencingnya kapitalisme sebagai kekayaan. Kapitalisme telah mengalihkan pandangan hidup si manusia egois tersebut dari kesadarannya tentang hakikat kemanusiaan sebagai hamba Allah ke dalam alam kesadaran kapitalisme yang berisikan keserakahan. Akhirnya kapitalisme berhasil mengubah pandangan hidup si manusia tersebut, menjungkir balikkan cara pandang manusia terhadap cita-cita tatanan kemanusiaan yang lebih mulia menjadi tatanan kemanusiaan yang penuh dengan kebencian, penindasan dan ketidak adilan. Keserakahan mendorong timbulnya keyakinan terhadap keabadian palsu tentang kekayaan dan ketakutan akan kemiskinan. Sehingga seberapapun akumulasi modal yang diraih, tidaklah membawa kepuasan dan kebahagiaan. Si manusia egois pengabdi kapitalisme tak ubahnya seperti anjing yang selalu menjulurkan lidahnya dikala lapar maupun kenyang dan tiadalah yang dimakan oleh si anjing itu melainkan kotoran, remah-remah, sisa-sisa makanan bahkan bangkai yang sudah membusuk!
    Kapitalisme sebagai sebuah ideologi telah terbukti gagal menjalankan perannya untuk mencapai tujuan mensejahterakan rakyat. Meskipun kemajuan berupa modernisasi merupakan salah satu muatan kapitalisme telah membawa banyak kemajuan di bidang ilmu pengetahuan. Tetapi secara faktual masih ditemui, bahkan di negara kaya seperti Inggris dan Amerika, para pengemis, gelandangan dan bahkan daerah permukiman kumuh. Itu tidak bisa disebut bahwa kapitalisme sukses membawa kesejahteraan.
    Kapitalisme sudah memperkenalkan materialisme kepada umat manusia. Menurut Ali Syari’ati (2007), materialisme beranggapan bahwa kecerdasan substansi manusia adalah berasal dari materi. Materialisme nampaknya tidak melihat satupun tipe evolusi metafisis bagi manusia di luar susunan materialnya. Dalam melihat manusia berdasarkan ukuran material, dalam hal mengingkari evolusi metafisis serta dalam melihat manusia sebagai suatu binatang fenomenal yang terbatas maka sebenarnya materialisme telah menjadi penghambat bagi potensi peningkatan ke atas manusia dari makhluk yang rendah. Sebagai suatu ideologi, materialisme merupakan suatu usaha untuk menindas kemajuan spiritual manusia. Materialisme ini yang kemudian membawa manusia semakin tersesat jauh di alam pikiran kapitalisme, materialisme menghancurkan tatanan pikiran yang murni, alami dan ilahiyah menjadi tatanan pikiran yang serba amburadul, salah kaprah yang ujung-ujungnya adalah kesesatan berpikir manusia itu sendiri. Nilai dan harga sudah dikacau balaukan sehingga tidak jelas lagi mana yang nilai dan mana yang harga. Sehingga materialisme, menurut Sudisman (1966), menciptakan orang-orang yang lebih mementingkan pangkat dan kedudukan daripada tugas kewajiban; lebih mementingkan ketenangan hidup dan kemewahan daripada jasa yang bisa ditunaikan; lebih suka berpegang teguh pada pengalaman yang dikodifikasikan daripada pemikiran kreatif; lebih suka keamanan yang berdasarkan pengalaman daripada kesempatan untuk mencoba memperbaharui pemikiran dan keadaan.
    Sayang sekali, kesadaran rakyat bahwa kapitalisme itu adalah sebuah system jahat sangatlah jarang ditemui. Bahkan ketika praktek-praktek kapitalisme itu dilakukan di tengah-tengah masyarakat maka yang muncul adalah apologi-apologi dan eufimisme atas praktek kapitalisme. Bahkan ketika seseorang mengakumulasi kapital melebihi batas normal, mengeksploitasi manusia dengan mengasingkannya dari derajat kemanusiaan dan menempatkan posisi kapital dalam posisi yang tidak seharusnya dimana kapital ia tempatkan dalam posisi yang seolah mereduksi kekuasaan Tuhan dalam arti sebenar-benarnya. Praktek sosial kapitalisme semacam itu oleh massa rakyat justru dianggap normal di tengah kehancuran alam pikir manusia di zaman edan ini.
    Kapitalisme juga memperkenalkan berbagai tradisi bahkan ritus-ritus yang tidak ubahnya tradisi dan ritus-ritus dalam sebuah agama. Kapitalisme menciptakan ruang-ruang publik yang di tradisikan sakral dalam standar alam pikir kapitalisme. Ruang-ruang publik tempat orang mengakumulasi modal seperti bursa saham, bank, tempat lelang, kantor asuransi dan sebagainya. Mereka membangun tradisi dan ritus-ritus yang dinamakan “prosedur administrasi”, “petunjuk pelaksanaan”, “instruksi teknis” dan sebagainya yang di nisbatkan sebagai “syariat kapitalisme”.
    Sebaliknya agama yang seharusnya menjadi solusi atas berbagai tindak ketidak adilan dan kejahatan atas kemanusiaan yang dilakukan oleh kapitalisme, justru telah dimanfaatkan oleh para pendukung kapitalisme sebagai kedok, sebagai topeng, sebagai kamuflase atas proyek-proyek dan program-program akumulasi modal. Sehingga agama tidak lebih hanya sekedar peralatan untuk memuluskan tujuan menumpuk harta dan kekuasaan. Maka jadilah sebuah pasal kapitalisme dalam hukum pasar bahwa agama adalah lahan bisnis dan bisnis yang baik adalah bisnis yang diagamakan. Bisnis diagamakan dan agama dibisniskan. Aduk-adukan tatanan nilai dan harga semacam inilah yang mengacau balaukan alam pikir manusia, buntutnya segala tindak tanduk manusia pun menjadi kacau balau dan cenderung merusak.
    UJUNG SEJARAH KAPITALISME
    Kegagalan system kapitalisme untuk menciptakan keadilan bagi umat manusia telah menjerumuskan kapitalisme dalam proses pembusukan sehingga kapitalisme kini dihadapkan pada ujung sejarah. Komplikasi kegagalan kapitalisme antara lain kegagalan penciptaan kesejahteraan yang merata, kegagalan menciptakan demokrasi sebagai solusi final atas system politik di negara-negara maju maupun berkembang, kegagalan system pasar untuk menciptakan keadilan ekonomi sebagai induk segala keadilan di semua bidang. Semua komplikasi kegagalan kapitalisme itu, dipahami oleh para pendukung kapitalisme maupun yang bukan pendukung kapitalisme, sebagai proses sakaratul maut-nya kapitalisme. Meskipun peradaban kapitalisme yang sudah tua renta dan sekarat itu di bawa ke unit gawat darurat dan kehidupannya di topang oleh unit-unit mekanis yang menjadi derivasi kapitalisme seperti materialisme, liberalisme dan bahkan filantropisme maka sesungguhnya semua usaha itu sama sekali tidak akan mencegah dari takdir kematian peradaban kapitalisme. Justru semua unit mekanis yang menjadi derivat kapitalisme itu hanyalah menciptakan kesan kehidupan peradaban kapitalisme yang telah sekarat, sebuah kehidupan semu, pseudo-life. Kehidupan semu yang sama sekali tidak akan memproduksi apapun melainkan kehancuran demi kehancuran. Sekaratnya kapitalisme yang sudah busuk menciptakan belatung peradaban.
    Pembusukan kapitalisme yang sudah sekarat di masa ini, akan sampai pada suatu takdir berupa kematian peradaban kapitalisme untuk kemudian digantikan oleh peradaban lain yang seharusnya jauh lebih baik. Belatung-belatung peradaban kapitalisme yang ikut serta membusukkan kapitalisme dan diuntungkan oleh kapitalisme pada giliran sejarahnya juga bakal menemui kematian. Sekali-kali kapitalisme tidak menjanjikan suatu alternative alam pikir pasca kematian kapitalisme. Sama sekali tidak ada yang namanya wasiat kapitalisme bahwa kapitalisme sudah mengangkat anak ideologis bernama sosialisme demokrasi sebagai penerus ideology kapitalisme. Kalau pun sosialisme demokrasi itu dianggap sebagai penerus ideology kapitalisme maka itupun tidak lebih dari kapitalisme yang balik nama menjadi sosialis demokrasi. Isinya tetap sama meski bungkusnya sudah diganti.
    Doktrin kaum kapitalis bahwa tidak ada jalan keselamatan di luar jalan kapitalisme menjadi sebuah doktrin yang layak digugat ketika kapitalisme sudah menjelang ajalnya. Tidak ada satu wasiatpun dari kapitalisme yang bisa diharapkan oleh umat manusia ketika kapitalisme mengalami kegagalan demi kegagalan, dimana wasiat kapitalisme itu menyuguhkan alternative system yang selain kapitalisme, yang diakui telah terbukti mampu memyuguhkan keadilan sosial sekaligus kesejahteraan sejati, seutuhnya bagi umat manusia.
    Jika alternative system yang dimaksud itu memang tidak ada atau tidak berhasil ditemukan, maka yang muncul adalah situasi alam pikir yang semakin kacau, absurd dan dipenuhi kebingungan-kebingungan massal. Para pendukung kapitalisme akan saling bertanya-tanya tentang situasi zaman yang bagi mereka nampak semakin tidak menentu. Mereka kumpulkan ahli-ahli di bidang kapitalisme, mereka beri dana besar untuk menemukan alternative lain di luar kapitalisme, namun sekali lagi, tiadalah hasil usaha tersebut bakal menciptakan kehidupan yang lebih tenteram, tetapi malah sekedar menghasilkan tambal sulam system kapitalisme yang sudah usang, kotor, kumal dan compang-camping. Jangka waktu kapitalisme ibarat organisme hidup, ketika waktunya makan disaat lapar, maka si organisme nampak buas memakan hidangan. Tetapi ketika sudah kekenyangan dan sudah terjadi proses pembusukan di lambung, maka tibalah saatnya untuk mengeluarkan segala residunya.
    Proses alami semacam itu adalah sebuah kepastian sejarah yang tidak dapat diingkari meskipun para pendukung kapitalisme itu berupaya lari dan melarikan kapitalisme dari takdir sejarah. Sungguh kemanapun larinya kapitalisme dan antek-anteknya sudah pasti akan menemui kematian yang selalu menyongsongnya ketika takdir kepastian sejarah sudah tiba.
    Maka ditengah proses kehancuran peradaban kapitalisme ini menjadi suatu tantangan bagi peradaban lain untuk tampil memimpin jalannya sejarah atau musnah sama sekali. Banyak sekali sisa-sisa peradaban di masa lalu yang masih kita temui puing-puing kebudayaannya. Tetapi apakah sisa-sisa perdaban tersebut secara umum menyediakan suatu panduan lengkap tentang bagaimana mengoperasikan suatu kebudayaan yang pernah jaya untuk dihidupkan kembali?
    DARI DESA MENGEPUNG KOTA
    Ada banyak peradaban hadir sebelum peradaban kapitalisme. Berdasar ciri geografis terdapat peradaban gua, peradaban sungai, peradaban maritim dan peradaban agraris. Peradaban kapitalisme termasuk jenis peradaban kota yang sifatnya sudah menetap dan mempunyai ciri-ciri berupa hubungan-hubungan industrial yang terikat erat dengan akumulasi modal dan eksploitasi.
    Jauh sebelum kejayaan peradaban kapitalisme, terdapat peradaban gua yang menghasilkan manusia-manusia berbudaya gua. Seperti Neanderthalensis, Pythecanthropus Erectus, Meganthropus Paleo Javanicus dan sebagainya. Peradaban ini ditengarai masih ditemui binatang-binatang seperti Dinosaurus. Mereka ini memiliki produk manufaktur berupa hasil karya dengan bahan dasar batu sehingga peradaban gua disebut pula sebagai zaman batu. Sedangkan perkembangan intelektual di zaman batu , disebabkan belum ditemukan kertas, disampaikan melalui lukisan dinding pada dinding gua dan selebihnya dengan bahasa tutur. Orang-orang di zaman batu masih cenderung hidup berpindah-pindah atau nomaden. Profesi mereka adalah berburu dan meramu. Hal itu dilakukan teknologi yang mereka kuasai masih sederhana. Karena masih banyak bergantung pada alam maka persoalan-persoalan sosial pun belum begitu rumit.
    Seiring dengan laju pertambahan penduduk dan proses-proses akulturasi budaya yang rumit antara peladang berpindah di zaman batu, maka terjadilah proses-proses penyempuranaan ilmu dan teknologi. Teknologi sederhana di zaman batu pelan-pelan mulai ditinggalkan, bahkan musnah setelah terjadinya banjir besar Nabi Nuh Alaihis Salaam.
    Mereka tidak lagi berpindah-pindah tetapi menetap di sepanjang sungai. Hal itu dikarenakan air adalah sumber kebutuhan pokok untuk mandi, mencuci, urusan kakus dan memasak. Selain itu juga sungai adalah sarana transportasi yang relative mudah untuk dilalui terutama sungai-sungai besar seperti sungai Eufrat dan Tigris, Sungai Gangga dan Sungai Yang Tze. Maka muncullah peradaban-peradaban besar di sepanjang sungai besar tersebut. Produk teknologi manufaktur mulai berragam, mulai dari tembikar, keramik, perunggu hingga logam. Pada peradaban ini mulai di kenal huruf-huruf piktograf yang merupakan awalnya merupakan simbolisasi fakta dalam bentuk lukisan kaligrafi. Pada peradaban ini pula dikenal angka-angka yang akhirnya mendorong manusia pada zaman perunggu untuk menciptakan karya-karya manufaktur lain dalam skala makro seperti kapal dan bangunan-bangunan besar.
    Peradaban sungai terus berkembang menjadi peradaban agraris yang terus berkembang sehingga lahir kota-kota yang menjadi pelabuhan sekaligus pusat perdagangan. Pada masa ini muncul agama-agama, para nabi dan kitab suci, para ahli filsafat dan ahli matematika yang meletakkan dasar peradaban modern. Produk-produk teknologi maju seperti kertas dan tekstil ditemukan pada zaman peradaban agraris yang telah berkembang menjadi peradaban kota. Nabi Muhammad SAW lahir pada masa pertumbuhan peradaban agraris menjadi peradaban kota.
    Nabi Muhammad SAW memperkenalkan Peradaban Islam sebagai peradaban kota yang pada masanya terbukti mampu menciptakan kehidupan yang adil, damai, sejahtera, mencerahkan serta jauh dari penindasan bagi siapapun yang sedang berada di sentrum peradaban Islam masa itu yaitu di Jazirah Arab. Kejayaan Peradaban Islam ini terus gemilang bahkan sepeninggal Nabi Muhammad SAW. Selama beberapa abad peradaban kota dengan ciri khas bercita-cita Islam menjadi peradaban paling gemilang dalam sejarah peradaban bahkan dalam sejarah kemanusiaan.
    Dari pengaruh peradaban kota yang berbasis pada peradaban Islam berangsur-angsur mendorong usaha-usaha untuk melakukan penjelajahan ke seluruh muka bumi. Maka terjadilah penjelajahan untuk menemukan sumber-sumber kekayaan dan rempah-rempah di belahan lain bumi. Masuklah pada peradaban baru yang memperkenalkan kapitalisme muda bernama kolonialisme. Masuklah pada era penindasan manusia yang diperkenalkan oleh bangsa-bangsa-bangsa Barat kepada bangsa-bangsa Timur.
    Konflik pun tak terhindarkan dan hasilnya adalah Perang Dunia Pertama dan Perang Dunia Ketiga dengan korban yang luar biasa banyaknya. Itulah hasil kejahatan kolonialisme. Kolonialisme mati seiring dengan dijatuhkannya bom atom di Hiroshima dan Nagasaki, Jepang oleh tentara Amerika Serikat.
    Pasca kolonialisme, maka masuklah pada babak baru munculnya Perang Dingin yang diakibatkan perebutan pengaruh antara dua ideologi besar di dunia. Ideologi komunisme yang di dukung almarhum Uni Soviet dan negara-negara anggota Komintern melawan ideologi kapitalisme yang didukung Amerika Serikat dan negara-negara Eropa Barat minus Jerman Timur. Perang Dingin berakhir ketika Uni Soviet bubar pada awal 1990-an.
    Setelah kejayaan Uni Soviet berakhir, maka praktis Amerika Serikat dengan ideologi kapitalisme menjadi pemenang dan dengan angkuhnya memaksakan ideologi kapitalisme kepada khalayak internasional. Kapitalisme memaksakan materialisme, liberalisme, hedonisme dan berbagai pandangan hidup yang merusak kepada umat manusia melalui jerat-jeratnya yang halus dan tidak kentara. Amerika Serikat sebagai sponsor utama kapitalisme tidak ubahnya seekor keledai yang ditunggangi Yahudi, lantaran negara Amerika Serikat hanyalah alat yang dipergunakan oleh orang-orang Yahudi untuk mengintroduksi kapitalisme kepada publik internasional.
    Yahudi sepanjang sejarah tidak pernah menjadi sebuah peradaban, tetapi Bangsa Yahudi sepanjang sejarah kemanusiaan adalah orang-orang yang berpengaruh di setiap peradaban yang pernah ada. Mereka memiliki peran intelektual yang tidak dimiliki bangsa lain. Sebagai sebuah Ras Semit, Yahudi adalah termasuk ras unggulan yang mampu menorehkan tinta emas di setiap peradaban, entah diakui atau tidak.
    GANYANG KAPITALISME !
    Pasca ambruknya komunisme, kapitalisme nyaris tidak punya musuh ideologis. Tetapi seorang ilmuwan Yahudi bernama Samuel Huntington memperingatkan Amerika Serikat dan sekutunya bahwa pasca komunisme, yang menjadi musuh ideologis kapitalisme adalah apa yang ia sebut sebagai bahaya hijau. Bahaya hijau yang dimaksudkan adalah bangkitnya nafas kehidupan peradaban Islam sebagaimana kejayaan peradaban yang diraih di zaman Nabi Muhammad SAW. Akibat sinyalemen Samuel Huntington tersebut, maka para pendukung kapitalisme merasa khawatir, curiga bahkan paranoid terhadap Islam. Sehingga Amerika Serikat beserta sekutunya memberikan stigma terhadap siapapun yang mencoba mempersiapkan kebangkitan peradaban Islam untuk kedua kalinya dengan stigma terorisme. Amerika Serikat bahkan mendanai pembuatan organisasi virtual semacam Jamaa’ah Islamiyah dengan embel-embel Islam, untuk distigmakan sebagai organisasi teroris. Siapa saja dari kaum muslimin yang dianggap tidak setuju dengan agenda Amerika Serikat dan sekutunya lantas dimasukkan dalam daftar teroris, yang harus diburu dan dimusnahkan. Para pemeluk Islam yang berusaha memahami dan hidup sadar dengan al-Qur’an menurut Sunnah RasulNya kemudian direpresi, dimarginalkan dan diancam dengan stigma sesat melalui kepanjangan tangan kekuasaan Amerika Serikat. Dalam konteks ini, nampaklah nyata bahwa Amerika Serikat adalah perwujudan iblis dalam arti sesungguhnya. Maka sungguh Amerika Serikat beserta peradabannya adalah musuh nyata bagi kemanusiaan!
    Seorang ilmuwan barat bernama Michael Hart menuliskan bahwa pengaruh Nabi Muhammad SAW sangatlah mendasar dalam kehidupan manusia. Menurut Michael Hart, Seperti halnya lain-lain agama juga, Islam punya pengaruh luar biasa besarnya terhadap para penganutnya. Jika diukur dari jumlah, banyaknya pemeluk Agama Nasrani dua kali lipat besarnya dari pemeluk Agama Islam. Tetapi Nabi Muhammad SAW memainkan peranan jauh lebih penting dalam pengembangan Islam ketimbang peranan Nabi Isa terhadap Agama Nasrani.
    Biarpun Nabi Isa bertanggung jawab terhadap ajaran-ajaran pokok moral dan etika Kristen (sampai batas tertentu berbeda dengan Yudaisme), St. Paul merupakan tokoh penyebar utama teologi Kristen, tokoh penyebarnya, dan penulis bagian terbesar dari Perjanjian Lama. Sebaliknya Muhammad bukan saja bertanggung jawab terhadap teologi Islam tapi sekaligus juga terhadap pokok-pokok etika dan moralnya. Tambahan pula dia “pencatat” Kitab Suci Al-Quran, kumpulan wahyu kepada Muhammad yang diyakininya berasal langsung dari Allah. Sebagian terbesar dari wahyu ini disalin dengan penuh kesungguhan selama Muhammad masih hidup dan kemudian dihimpun dalam bentuk yang tak tergoyangkan tak lama sesudah dia wafat. Al-Quran dengan demikian berkaitan erat dengan pandangan-pandangan Muhammad serta ajaran-ajarannya karena dia bersandar pada wahyu Tuhan. Sebaliknya, tak ada satu pun kumpulan yang begitu terperinci dari ajaran-ajaran Isa yang masih dapat dijumpai di masa sekarang. Karena Al-Quran bagi kaum Muslimin sedikit banyak sama pentingnya dengan Injil bagi kaum Nasrani, pengaruh Muhammad dengan perantaraan Al-Quran teramatlah besarnya. Kemungkinan pengaruh Muhammad dalam Islam lebih besar dari pengaruh Isa dan St. Paul dalam dunia Kristen digabung jadi satu. Diukur dari semata mata sudut agama, tampaknya pengaruh Muhammad setara dengan Isa dalam sejarah kemanusiaan.
    Lebih jauh dari itu (berbeda dengan Nabi Isa) Nabi Muhammad bukan semata pemimpin agama tapi juga pemimpin duniawi. Fakta menunjukkan, selaku kekuatan pendorong terhadap gerak penaklukan yang dilakukan bangsa Arab, pengaruh kepemimpinan politiknya berada dalam posisi terdepan sepanjang waktu. Dari pelbagai peristiwa sejarah, orang bisa saja berkata hal itu bisa terjadi tanpa kepemimpinan khusus dari seseorang yang mengepalai mereka. Misalnya, koloni-koloni di Amerika Selatan mungkin saja bisa membebaskan diri dari kolonialisme Spanyol walau Simon Bolivar tak pernah ada di dunia. Tapi, misal ini tidak berlaku pada gerak penaklukan yang dilakukan bangsa Arab. Tak ada kejadian serupa sebelum Muhammad dan tak ada alasan untuk menyangkal bahwa penaklukan bisa terjadi dan berhasil tanpa Muhammad. Satu-satunya kemiripan dalam hal penaklukan dalam sejarah manusia di abad ke-13 yang sebagian terpokok berkat pengaruh Jengis Khan. Penaklukan ini, walau lebih luas jangkauannya ketimbang apa yang dilakukan bangsa Arab, tidaklah bisa membuktikan kemapanan, dan kini satu-satunya daerah yang diduduki oleh bangsa Mongol hanyalah wilayah yang sama dengan sebelum masa Jengis Khan.
    Ini jelas menunjukkan beda besar dengan penaklukan yang dilakukan oleh bangsa Arab. Membentang dari Irak hingga Maroko, terbentang rantai bangsa Arab yang bersatu, bukan semata berkat anutan Agama Islam tapi juga dari jurusan bahasa Arabnya, sejarah dan kebudayaan. Posisi sentral Al-Quran di kalangan kaum Muslimin dan tertulisnya dalam bahasa Arab, besar kemungkinan merupakan sebab mengapa bahasa Arab tidak terpecah-pecah ke dalam dialek-dialek yang berantarakan. Jika tidak, boleh jadi sudah akan terjadi di abad ke l3. Perbedaan dan pembagian Arab ke dalam beberapa negara tentu terjadi -tentu saja- dan nyatanya memang begitu, tapi perpecahan yang bersifat sebagian-sebagian itu jangan lantas membuat kita alpa bahwa persatuan mereka masih berwujud. Tapi, baik Iran maupun Indonesia yang kedua-duanya negeri berpenduduk Muslimin dan keduanya penghasil minyak, tidak ikut bergabung dalam sikap embargo minyak pada musim dingin tahun 1973 – 1974.
    Sebaliknya bukanlah barang kebetulan jika semua negara Arab, semata-mata negara Arab, yang mengambil langkah embargo minyak. Jadi, dapatlah kita saksikan, penaklukan yang dilakukan bangsa Arab di abad ke-7 terus memainkan peranan penting dalam sejarah ummat manusia hingga saat ini.
    Dari segi inilah menurut Michael Hart dinilai adanya kombinasi tak terbandingkan antara segi akhirat dan segi duniawi yang melekat pada pengaruh diri Muhammad sehingga Muhammad beserta peradaban Islam yang dibawanya dalam arti pribadi maupun sosial adalah manusia yang paling berpengaruh dalam sejarah manusia.
    ILMU AL QUR’AN VERSUS JAHILIYAH KAPITALISME
    Dengan pembusukan kapitalisme yang tengah terjadi sekarang, maka lawan ideologis yang jauh lebih unggul dari kapitalisme adalah ilmu al-Qur’an menurut Sunnah RasulNya. Kapitalisme yang dimotori oleh ilmuwan-ilmuwan Yahudi telah lama berhasil mengacaukan sistematika alam pikir. Sehingga pikiran manusia non-Yahudi kehilangan jalan untuk mengenali kembali asal usulnya yang murni, kehilangan jalan untuk kembali menemukan konsep utuh yang berisi pola-pola permanen di alam semesta. Sementara itu hanya ada satu petunjuk, bahkan satu-satunya petunjuk yang masih murni dan tidak sanggup diacak-acak serta diaduk-aduk oleh ilmuwan-ilmuwan Yahudi yaitu petunjuk dalam al-Qur’an menurut Sunnah RasulNya.
    Al-Qur’an menurut Sunnah RasulNya memuat semua pola-pola permanen yang ada di alam semesta ini. Sehingga dengan berpedoman al-Qur’an maka manusia dapat memimpin jalannya sejarah dengan benar. Kepemimpinan yang benar akan membuahkan kehidupan yang harmonis, tidak saling merusak, tidak saling menggelapkan bahkan cenderung berkeadilan, damai dan sejahtera.
    Tetapi sayangnya, usaha-usaha untuk menemukan kembali pola-pola permanen yang tercantum dalam al Qur’an nampaknya belum menemukan keberhasilan di sepanjang sejarah pasca wafatnya Nabi Muhammad SAW. Bahkan usaha-usaha untuk melunturkan studi obyektif terhadap al-Qur’an menurut Sunnah RasulNya bahkan semakin gencar dilakukan oleh orang yang dihatinya memusuhi Islam.
    Upaya riset terhadap al-Qur’an adalah tanggung jawab umat manusia terutama Umat Islam, sehingga al-Qur’an mampu tampil sebagai konsep yang utuh dan mampu menjawab berbagai problema sosial sepanjang sejarah yaitu keadilan, kesejahteraan, kasih sayang dan perdamaian sebagaimana yang pernah dipraktekan di zaman Nabi Muhammad SAW.
    Tanpa pemahaman utuh atas pola-pola permanen yang ada dalam al-Qur’an, maka perubahan sosial yang dilakukan meskipun diembel-embeli dengan stempel Islam sungguh tidak akan mengakibatkan perubahan radikal.
    Jika setiap diri pribadi manusia dengan pemahaman utuh atas pola-pola permanen yang ada dalam al-Qur’an yang dipraktekkan menurut Sunnah RasulNya, maka setiap diri pribadi manusia tersebut akan menjadi manusia dengan derajat insan al-kamil, sekaligus menjadi manusia yang menggerakan roda kepastian sejarah, menjadi pemimpin revolusi, yang membawa al-Qur’an menrut Sunnah RasulNya pada kesadaran setiap individu manusia ke titik progresif-revolusioner. Setiap manusia melakukan revolusi diri, melakukan revolusi pandangan hidup dari selain al-Qur’an menjadi pandangan hidup yang berdasar al-Qur’an menurut Sunnah RasulNya. Sehingga al-Qur’an benar-benar menjadi cahaya yang mencerahkan lahir batin setiap manusia dalam segala aspeknya. Pada akhirnya terciptalah cita-cita masyarakat yang digambarkan oleh Bung Karno, yaitu sebuah masyarakat yang terdiri dari manusia-manusia beriman dan bertaqwa kepada Allah serta cerdas, manusia mulia yang berderajat insan al-kamil, manusia sempurna yang hidup dengan bahagia di negeri berkualitas baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur. Amiin.
    Usiikum wa nafsi bit taqwallah, barokallahu minna wa minkum,
    jazakumullahu khairan katsira wa billahit taufiq wal hidayah,
    wa laa dzikrullahi akbar,
    wa salaamu alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

  7. 8

    Telah datang Penggenapan Hari Takwil Kebenaran Kitab yang dijanjikan Allah didalam kitab suci-Nya wajib ditunggu-tunggu akan tetapi dilupakan di Indonesia menurut Al A’raaf (7) ayat 52,53.
    Penjelasananya bacalah buku panduan terhadap kitab-kitab suci agama-agama berjudul:
    “BHINNEKA CATUR SILA TUNGGAL IKA”
    Penulis: Soegana Gandakoesoema
    Penerbit: GOD-A CENTRE
    Bonus “SKEMA TUNGGAL ILMU LADUNI TEMPAT ACUAN AYAT KITAB SUCI TENTANG KESATUAN AGAMA (GLOBALISASI)” berukuran 63×60 cm2.
    Hasil karya tulis ilmiah penelitian otodidak terhadap isi kitab-kitab suci agama-agama selama 25 tahun.

    Tersedia ditoko-toko buku distributor tunggal
    P.T. BUKU KITA
    Tel. 021.78881850
    Fax. 021.78881860

    Salamun ‘alaikum daiman fi yaumiddin, Soegana Gandakoesoema, Pembaharu Persepsi Tunggal Agama millennium ke-3 masehi

  8. 9

    kiraditya said,

    asalamualaikum alhamdulilah masih banyak blog yang masih berisi tentang masalah agama islam saya merasa bersyukur sekali..andai saya terlahir dengan keluarga yang islamnya kuat dan bukan dari islam KTP maka saya merasa bersyukur sekali

  9. 10

    GeMbeL GiRL said,

    UNtuNg aJa aDa aRtiKeL iNi!!!

    Aku jaDi biSa NgeRjaiN TuGaS SeJaRaH deH…..

    hehehe….

    Ga DeH!!!!!

    TaPi TRiMz BaGi yaNg NuLiZ aRtiKeL iNi…..
    uDaH baGi2 iLMu…..

  10. 11

    Sukamto Nuri said,

    Memang itu fakta sejarah baik yang pro atau kontra tentang dari mana datangnya Islam, tapi bagi saya tidak masalah, asal semuanya itu masih dalam semangat Islami, sebab mereka mengatakan demikian pasti ada dasarnya. Yang penting kita punya prinsip sehingga tak tergoyahkan tentang keyakinan yang kita anut.

  11. 12

    kunjungan sob . .
    bagi”motivasi ya sob🙂
    “Apa pun yang Anda percaya, dengan keyakinan, akan menjadi kenyataan.Keyakinan Anda sangatlah menentukan kenyataan hidup Anda.
    Ditunggu kunjungan baliknya🙂

  12. 13

    Each day management consultants in the Austria receive more than $9
    billion for their services. Much of this money pays for unsupported data
    and badly prepared resource fo review services,
    national policy & procedure re-evaluation.

    Our business is focused in guarding and improves practice.
    We and our partners undertake a wide range of areas of activity,
    including SILP – our own unique framework of review.
    We, have greatly experienced and talented people offer a wide variety
    of special services to meet managers many needs.

    We together with you provides you with the research and mathematics tools to grow your share of the American market penetration.
    We have technical support that can help you get your business goals through consulting on strategic terms, product development, marketing programs and channels for distribution.

    A common goal for a statistical research project is to discover causality, and in particular to draw a conclusion on the effect of changes in the values of predictors or independent variables on dependent variables or response.
    There are two main types of causal statistical studies:
    experimental studies and observing study. In both types of studies, the effect of differences of
    an independent variable (or variables) on the behavior of the dependent variable are observed.


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: